Keyword of City Area from Indonesia

www.penglarisan.com
https://4.bp.blogspot.com/-Ts7e3CKDVTs/Whb3GqWxJ1I/AAAAAAAAAmM/a3CU4A8IlkQndWTRa2n5Y-9VVczAfhsKgCK4BGAYYCw/s1600/Search%2BArea%2BKota%2BIndonesia.gif

Daftar Jumlah Kota Di Seluruh Indonesia

Daftar Jumlah Kota Di Seluruh Indonesia
Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri atas pulau pulau. Terdapat 7 Kepulauan besar diantaranya kepulauan Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Pada setiap Kepulauan besar tersebut terdiri dari beberapa Provinsi. Jumlah Provinsi di Indonesia saat ini adalah 34 Provinsi. Sedangkan untuk jumlah Kabupaten di Indonesia akan kita bahas di dalam artikel ini.

Keanekaragaman yang di miliki negara tercinta harus kita jaga dan lestarikan. Mulailah mengenal dan mempelajari keragaman di bumi nusantara ini. Karena di Indonesia setiap kabupaten cukup banyak di temukan ciri khas daerah yang hanya ada disitu.

Seperti halnya lanting bumbu makanan khas kebupaten kebumen jawa tengah, kesenian Reog dari kebupaten ponorogo, getuk asli dari kebupaten banyumas dan banyak lainnya. Sebenarnya berapa jumlah kabupaten di Indonesia saat ini.

Jumlah Kabupaten di Indonesia

Di Negara Indonesia, seperti di lansir dari laman ensiklopedia, jumlah Kabupaten di Indonesia saat ini berjumlah 415. Untuk kotamadya berjumlah 93, dan Kabupaten Administrasi yaitu kabupaten kepulauan seribu

5 kota administrasi yakni jakarta utara, jakarta selatan, jakarta timur, jakarta selatan, jakarta barat dan jakarta pusat. Kota administrasi  bukanlah sebuah daerah otonom namun daerah tanpa DPRD.

Pengertian Tentang Kabupaten

Setelah tadi kita ketahui tentang jumlah kabupaten yang ada di Indonesia pada tahun 2017 ini, maka sekarang kita akan ketahui lebih jelas tentang pengertian dari Kabupaten dan sejarah masa lalunya hingga terbentuklah sebuah Kabupaten.

Yang dimaksud dengan Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif yang ada di Negara Indonesia sesudah, yang dipimpin oleh seorang bupati. Disamping ada kabupaten, pembagian wilayah administratif sesudah provinsi adalah kota.

Jika dilihat secara umum, baik kabupaten ataupun kota mempunyai wewenang yang sama. Kabupaten bukan bawahan dari provinsi, oleh karena itu bupati ataupun juga wali kota tidak bertanggung jawab pada gubernur.

Kabupaten ataupun kota adalah sebuah daerah otonom yang diberi wewenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya sendiri.

Sejarah Kabupaten

Walaupun istilah kabupaten pada saat ini digunakan pada seluruh wilayah Indonesia, akan tetapi ternyata istilah ini dahulu hanya digunakan di pulau Madura dan pulau Jawa saja.

Pada era Hindia Belanda, ternyata istilah Kabupaten dikenal dengan sebutan regentschap, yang secara harafiah ini artinya adalah daerah seorang regent ataupun wakil penguasa.

Pembagian wilayah kabupaten yang ada di Negara Indonesia saat ini adalah merupakan sebuah warisan dari era pemerintahan masa Hindia Belanda.

Dahulukala, istilah Kabupaten itu dikenal dengan sebutan Daerah Tingkat II Kabupaten. Namun sejak diberlakukan dan ditetapkannya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 mengenai Pemerintahan Daerah, istilah Daerah Tingkat II kemudian dihapus, sehingga Daerah Tingkat II Kabupaten ini disebut Kabupaten saja.

Demikianlah ulasan mengenai jumlah kabupaten di Indonesia beserta pengertian dan sejarahnya. Semoga dapat menambah wawasan anda.
Back To Top